Rabu, 21 September 2011

Apa Itu Project HI5TERIA?


HI5TERIA TEAM


Kalo kemaren saya udah posting tentang cikal bakal HI5TERIA project, sekarang saya mau ngebahas lebih dalem ke projectnya! Saya udah jelasin bahwa HI5TERIA adalah project debut film sutradara muda baru. HI5TERIA digagas oleh saya, selaku produser dan diwadahi oleh Starvision Plus, dengan Pak Chand Parwez, juga selaku produser. Saat ini kita sudah memilih 5 nama sutradara yang masuk dalam project ini melalui proses pengiriman showreel/film pendek yang pernah mereka buat. Adapun mereka yang sudah terpilih adalah Adriyanto Dewo, Billy Christian, Chairun Nissa, Harvan Agustriansyah, dan Nicholas Yudifar.

HI5TERIA project ini adalah project jangka panjang yang rencana akan terus diadakan setiap tahunnya. So buat yang tertarik, be ready guys!!!



Untuk lebih jelas tentang HI5TERIA project ini, saya menuliskannya dalam bentuk Q&A/Tanya Jawab.



1.Apa sih HI5TERIA project?
Project omnibus horor. 5 sutradara membuat 5 cerita, yang akan digabung   menjadi satu film.

2.Kenapa harus horor?
Kebetulan HI5TERIA memang dikhususkan untuk project horor. Tidak ada hubungannya dengan cap karena horor dianggap 'laku', tapi murni karena horor juga bagian dari genre film dan horor adalah kekuatan dari film di asia.

3.Bagaimana syarat untuk ikut HI5TERIA project ini?
A.Project ini hanya menerima orang-orang yang memang hidup dan bekerja untuk film. Jadi film bukan hanya sekedar hobi semata. Komitmen dan passion mereka terhadap film itu yang menjadi penilaian utama!
B.Belum pernah membuat feature film yang diputar secara komersil di bioskop. Project ini menjadi debutnya.
C.Mengirimkan CV dan Showreel/film pendek yang pernah dibuat.

4.Bagaimana jika belum pernah bikin film pendek?
Kalo memang kamu komit bahwa film adalah hidup kamu, passion kamu, dan kamu mau ikut HI5TERIA project ini tahun depan, maka buatlah ceritamu, dan jadikanlah film pendek! Film pendek itu tidak harus mahal kok.
Penilaian dari film pendek yang pernah dibuat adalah KEHARUSAN!!

5.Apakah film pendek yang dinilai itu harus genre horor juga?
Tidak. Genrenya bebas. Seperti 5 sutradara yang terpilih itu, hanya 1 orang yang film pendeknya mengandung unsur horor.

6.Bagaimana proses bekerjanya?
Setelah nanti terpilih 5 orang sutradara, maka kita akan duduk bareng untuk membahas konsep ceritanya. Project ini adalah project ‘team’ bukan project ‘individu’. 5 sutradara tidak bergerak masing-masing, tetapi bekerja sebagai satu team! Saling bertukar pikiran, saling membantu, dan termasuk saling mengkritik jika dirasa perlu. Dan proses seperti ini terus berjalan hingga sampai film ini selesai.

7.Apakah project ini hanya untuk yang tinggal di Jakarta?
Project ini terbuka untuk siapapun dan dimanapun tinggalnya. Tetapi jika kamu berada di luar kota kami tidak akan membiayai transportasi dan akomodasi selama proses ini berlangsung di Jakarta.

Note: Mungkin nantinya jika project ini berkembang dengan baik, kita akan pikirin cara yang lebih baik untuk mengakomodir bakat-bakat dari daerah.

8.Apa tujuan dari HI5TERIA project ini?
Membuka jalan bagi para sutradara baru untuk berkarya dan mengenalkan potensi-potensi baru di dunia perfilman.

So guys…, jika kamu tertarik kamu bisa mempersiapkan dirimu untuk tahun depan!!

Di postingan berikutnya nanti saya akan memperkenalkan lebih dekat siapa 5 sutradara yang sudah terpilih dan apa project yang mereka persiapkan untuk HI5TERIA!!!


Sutradara: Nicho, Billy, Ilun, Adri, dan Harvan


Upi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar