Rabu, 21 September 2011

HI5TERIA: Script Development




Proses awalnya adalah kita berkumpul untuk bertukar pikiran cerita apa yang kita ingin buat. Setelah itu para sutradara membuat sinopsis dari cerita yang mereka mau. Dari sinopsis itu para sutradara dan Upi selaku produser duduk bersama lagi. Kita membahas lebih detil tentang basic story yang ingin disampaikan. Ketika basic storynya dianggap sudah kuat maka kemudian baru dilanjutkan dengan membuat scriptnya.

Masing-masing sutradara membuat script berdurasi 18 menit. Karena sedari awal HI5TERIA project sudah memberi tahu nominal biaya produksi yang diberikan pada tiap film, maka dalam proses penulisannya mereka sudah bekerja dalam kerangka itu.

Ada 3 nama penulis terlibat:

Adi Baskoro: script “PALASIK” dan “WAJANG KOELIT”.
Daud Sumolang: script “PASAR SETAN”.
Sungkono Pastra: script “LOKET” yang ditulis bersama Harvan si sutradara.
Sementara Billy Christian menulis sendiri script “KOTAK MUSIK” miliknya.

Ketika script sudah jadi, boleh dibilang masa pengembangan scriptnya antara sutradara, penulis, dan Upi, cukup lama dan intensif. Segala sesuatu dibahas detil. Karena sebisa mungkin tidak ada bagian yang “bolong” dalam struktur ceritanya. Dan Upi ingin ketika script ini dikirim ke Pak Parwez selaku produser dari Starvision, sudah kuat dan matang sebagai script, sehingga meminimalisir adanya kelemahan ceritanya yang akan membuat produser tidak yakin dan ingin menambah unsur ini itu atau malah merubah cerita keseluruhan. Berabe! Maka proses ini sangat krusial.

Pada proses ini para sutradara juga memberi gambaran refrensi mood dan look film mereka akan seperti apa. Termasuk penggambaran karakter tokoh mereka plus “ghost”nya. Satu hal yang harus dicatat pengembangan karakter tokoh itu penting karena cerita akan berjalan sebagaimana latar belakang karakter-karakternya.

Berikut dibawah ini adalah foto-foto dimana team HI5TERIA meeting script development.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar